Doa Sebelum dan Setelah Belajar

0
13881
doa sebelum belajar

Salah satu perintah Allah yang tertulis jelas untuk manusia adalah mencari ilmu, belajar. Allah mengutus manusia untuk memanfaatkan akal dan pikirannya sebaik mungkin dengan terus mengasahnya. Dalam Al-Qur’an, hadits, maupun kitab para ulama telah disebutkan dengan jelas bagaimana pentingnya menuntut ilmu, mengasah akal pikiran. Terlihat dari perintah pertama Allah yang berbunyi : Iqro’ yang berarti bacalah.

Dalam kitab Ta’liimul muta’allim disebutkan berbagai macam dalil dan keutamaan orang yang belajar. Syarat-syarat ahli ilmu dan juga tata krama belajar dan menghormati ilmu dan guru juga dijelaskan secara gamblang di dalamnya. Berikut di antara tata cara belajar yang baik, sopan dan beradab adalah dengan membaca doa dan menghadap kiblat.

Doa Sebelum Belajar

 رَبِّ زِدْنِي عِلْمًا، وَارْزُقْنِيْ فَهْمًا وَاجْعَلْنِيْ مِنَ الصَّالِحِيْنَ

اَللَّهُمَّ اَخْرِجْنَا مِنْ ظُلُمَاتِ الْوَهْمِ وَاَكْرِمْنَا بِنُوْرِ الْفَهْمِ وَافْتَحْ عَلَيْنَا بِمَعْرِفَةِ الْعِلْمِ وَنَوِّرْ قُلُوْبَنَا بِنُوْرِ هِدَايَتِكَ كَمَا نَوَّرْتَ الشَّمْسَ وَالْقَمَرَ وَسَهِّلْ لَنَا اَبْوَابَ فَضْلِكَ يَا اَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ

ROBBII ZIDNII ‘ILMAA, WARZUQNII FAHMAA, WAJ’ALNII MINASH-SHOOLIHIIN AMIIN YA ROBBAL ‘AALAMIIN. ALLAHUMMA AKHRIJNA MIN DZULUMATIL WAHMI WA AKRIMNA BI NUURIL FAHMI WAFTAH ‘ALAINA BIMA’RIFATIL ‘ILMI WA NAWWIR QULUUBANA BINUURI HIDAYATIKA KAMA NAWWARTAS SYAMSA WAL QOMAR WA SAHHIL LANAA ABWAABA FADHLIKA YAA ARHAMAR ROHIMIN

Artinya :

“Ya Alloh Tambahkanlah aku ilmu, Dan berilah aku karunia untuk dapat memahaminya, Dan jadikanlah aku termasuk golongannya orang-orang yang shoolih. Ya Alloh kabulkanlah do’aku ini. Ya Allah Keluarkanlah kami dari kegelapan prasangka, muliakanlah kami dengan cahaya kepahaman, bukakanlah pengertian ilmu pada kami, terangilah hati kami dengan cahaya petunjukmu sebagaimana Kau terangi matahari dan rembulan, dan bukakanlah untuk kami pintu-pintu anugerahMu, Wahai Dzat yang paling penyayang.”

Dalam proses belajar tentu tidak selalu kemudahan dan kelancaran yang kita temui. Ada kalanya juga akal kita mendapat tantangan yang cukup besar dalam memahami beberapa jenis ilmu.

Begitu juga jika akan dihadapkan dalam tahap ujian, maka tentu membutuhkan tenaga lebih dalam berpikir. Jangan lupa untuk berdoa lebih juga. Karena sesungguhnya Allah Maha Menjawab segala Doa. Berikut adalah Doa ketika menghadapi kesulitan :

رَبِّ يَسِّرْ وَأَعِنْ وَلَا تُعَسِّرْ

RABBI YASSIR WA A‘IN WA LÂ TU‘ASSIR

Artinya :

“Wahai Tuhanku, mudahkanlah. Bantulah [aku]. Jangan Kaupersulit,” (Lihat Imam An-Nawawi, awal Raudhatut Thalibin, Darul Fikr).

Doa sebelum belajar ini hendaknya dilaksanakan dengan khusyuk, tawadlu’, dan senantiasa mengingat Allah dalam proses belajar dan memahami ilmu. Selain itu, juga beberapa faktor lain tentunya menentukan kelancaran proses belajar. Seperti halnya makanan yang kita konsumsi dan juga lingkungan pergaulan yang memadai.

Doa Setelah belajar

Adapun setelah belajar, agar apa yang telah kita pelajari, kita pahami, dan kita tanamkan dalam pikiran senantiasa mendapatkan berkah dan hidayah dari Allah dan terhindar dari lalai dan khilaf. Hendaknya membaca doa berikut ini :

اَللَّهُمَّ اِنِّى اِسْتَوْدِعُكَ مَا عَلَمْتَنِيْهِ فَارْدُذْه اِلَىَّ عِنْدَ حَاجَتِى اِلَيْهِ وَ لاَ  تَنْسَنِيْهِ يَا رَبَّ الْعَالَمِيْنَ

ALLAHUMMA INNII ISTAUDI’UKA MAA ALLAMTANIIHI FARDUDHU ILAYYA ‘INDA HAAJATI ILAIHI WALAA TANSANIIHI YAA ROBBAL ‘AALAMIIN.

Baca Juga: Kumpulan Berbagai Macam Doa / Niat

Artinya :

“Ya Allah,sesungguhnya aku titipkan kepada-Mu apa yang telah Kau ajarkan kepadaku,maka kembalikanlah ia kepadaku ketika aku membutuhkannya.Dan janganlah Kau buat aku lupa padanya hai Tuhan yang memelihara alam.”


Referensi :
Bacaan Doa Belajar – Fiqhmuslim
Doa Sebelum Jawab Soal Ujian – nu.or.id

Ilustrasi: freepik