Siapakah Ahlussunnah wal Jamaah Sebenarnya? Kok Semua Ngaku-Ngaku

0
2940
siapakah ahlussunnah wal jamaah

Oleh: Ahmad Mujib Zain

Siapakah Ahlussunah wal Jamaah Sebenarnya? menurut istilah sebagaimana yang tertera dalam kitab Al-A’lam (VII/70):

أهل السنة والجماعة: أهل منهج الفكر الدينى المشتمل على شؤون الحياة ومقتضاياتها القائم على اساس التوسط والتوازن والتعادل والتسامح

“Ahlussunnah wal Jama’ah adalah kelompok yang memiliki metode berpikir keagamaan yang mencakup semua aspek kehidupan atas dasar-dasar moderasi, keseimbangan, keadilan, dan tolerans.”

Dari definisi itu, kita bisa memahami bahwa arti yang benar atas Ahlussunah adalah “golongan umat Islam yang dalam pemikiran keagamaanya mencakup keseluruhan permasalahan umat serta dibangun atas dasar sikap moderasi, seimbang, adil serta toleran.

Kaum Ahlussunah wal Jama’ah juga merupakan golongan umat Islam yang tidak mau terlalu fanatik buta atau bahkan radikal, akan tetapi mereka akan senantiasa mengambil sikap yang adil dalam menghadapi setiap permasalahan-permasalahan agama. Di samping itu golongan ini juga akan senantiasa mengedepankan sikap toleransi dan keseimbangan dalam setiap gerak dan sikapnya.

Hal demikian bila kita telusuri, maka sikap tersebut pada dasarnya merupakan implementasi atas ayat al Qur’an dan hadist Nabi Muhammad Saw sebagaimana berikut:

وَكَذَلِكَ جَعَلْنَاكُمْ أُمَّةً وَسَطًا لِتَكُونُوا شُهَدَاءَ عَلَى النَّاسِ وَيَكُونَ الرَّسُولُ عَلَيْكُمْ شَهِيدًا

“Dan demikian (pula) Kami telah menjadikan kamu (umat Islam), umat yang adil dan pilihan agar kamu menjadi saksi atas (perbuatan) manusia dan agar Rasul (Muhammad) menjadi saksi atas (perbuatan) kamu”. (QS. al Baqarah: 143)

Baca Juga: Mengapa Harus Ahlussunnah Wal Jamaah ?

Selain ayat di atas, hadist Nabi juga menyatakan bahwa sikap terbaik yang diambil umat Islam adalah tengah-tengah atau tawasuth. Sebagaimana berikut:

خَيْرُ الأُمُورِ أَوْسَاطُهَا. (رواه البيهقي)

“Paling baiknya suatu perkara adalah tawasuthnya/tengah-tengah.” (HR. Al Baihaqi)

Dengan penjelasan ringkas dan padat ini, semoga memperjelas jawaban atas pertanyaan, siapakah ahlussunnah wal jamaah sebenarnya.


Ilustrasi: Edited from helloiamanentrepreneur