Niat, Doa Sebelum Wudhu, dan Setelah Wudhu

0
228
doa sebelum wudhu

Wudhu merupakan syarat sah sholat. Jika tidak sah wudhu kita maka tidak sah pula sholat kita. Oleh karena itu sudah menjadi kewajiban kita untuk berhati-hati, sangat memperhatikan wudhu. Jangan sampai ada satu pun yang terlewat dari rukun dan syaratnya. Karena kesempurnaan sholat berawal dari kesempurnaan wudhu.

Di dalam wudhu, selain rukun dan syarat yang dipenuhi, ada pula sunnah yang bertujuan semakin menyempurnakan wudhu kita. Di antara sunnah wudhu adalah membaca doa sebelum, ketika menjalankan rangkaian rukunnya, dan juga setelahnya.

Doa Sebelum Wudhu

Sebelum wudhu dilangsungkan, sebelum berniat wudhu, hendaknya membaca doa sebagai berikut :

نَوَيْتُ الْوُضُوْءَ لِرَفْعِ الْحَدَثِ الْاَصْغَرِ فَرْضًا للَِّهِ تَعَالَى

NAWAITUL WUDHU’A LIROF’IL HADATSIL ASHGHORI FARDHOL LILLAAHI TA’AALA

Artinya :

“Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Aku bersaksi tiada Tuhan selain Allah, tidak ada sekutu bagi-Nya, dan aku bersaksi bahwa Nabi Muhammad adalah hamba dan utusan-Nya.”

Niat Wudhu

Berikutnya Niat Wudhu untuk menghilangkan hadats kecil, dilakukan bersamaan dengan membasuh wajah, berikut lafadznya :

  نَوَيْتُ الْوُضُوْءَ لِرَفْعِ الْحَدَثِ الْاَصْغَرِ فَرْضًا للَِّهِ تَعَالَى

NAWAITUL WUDHU’A LIROF’IL HADATSIL ASHGHORI FARDHOL LILLAAHI TA’AALA

Artinya :

“Saya niat wudhu untuk mengangkat hadats kecil fardhu karena Allah Ta’aala”

Doa Ketika Wudhu

Saat menyentuh air wudhu, hendaknya berdoa:

الْحَمْدُ لِلهِ الَّذِيْ جَعَلَ الْمَاءَ طَهُورًا

ALHAMDULILLÂHILLADZÎ JA‘ALAL-MÂ`A THAHÛRAN

Artinya :

“Segala puji bagi Allah yang telah menjadikan air yang suci dan menyucikan.”

Sesudah menggosok gigi atau bersiwak sesuai ajaran Rasulullah, hendaknya berdoa:

اللَّهُمَّ بَيِّضْ بِهِ أَسْنَانِيْ وَشُدَّ بِهِ لِثَاتِيْ وَثَبِّتْ بِهِ لِهَائِيْ وَبَارِكْ لِيْ فِيْهِ يَا أَرْحَمَ الرَّاحِمِينَ

ALLAHUMMA BAYYIDL BIHI ASNÂNI WA SYUDDA BIHI LITSÂTI WA TSABBIT LIHAA`I WA BÂRIKLÎ FÎHI YÂ ARHAMAR-RÂHIMÎN

Artinya:

 “Ya Allah, dengan menggosok gigi ini, putihkanlah gigiku, kuatkanlah gusiku, tetapkanlah lidahku, dan berkahi aku didalamnya wahai Dzat Paling Pengasih diantara Terkasih.”

Doa Setelah Wudhu

Seusai wudhu dengan sempurna, hendaknya membaca Doa Setelah Wudhu. Dengan menghadap kiblat dan menengadahkan tangan, cukup dengan berdiri saja maka hendaknya membaca doa ini.

اَشْهَدُ اَنْ لآّاِلَهَ اِلاَّاللهُ وَحْدَهُ لاَشَرِيْكَ لَهُ وَاَشْهَدُ اَنَّ مُحَمَّدًاعَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ. اَللهُمَّ اجْعَلْنِىْ مِنَ التَّوَّابِيْنَ وَاجْعَلْنِىْ مِنَ الْمُتَطَهِّرِيْنَ

ASYHADU ALLAA ILAAHA ILLALLOOHU WAHDAHUU LAA SYARIIKA LAHU WA ASYHADU ANNA MUHAMMADAN ‘ABDUHUUWA ROSUULUHUU, ALLOOHUMMAJ’ALNII MINAT TAWWAABIINA WAJ’ALNII MINAL MUTATHOHHIRIINA

Artinya :

Aku mengaku bahwa tidak ada Tuhan selain Allah Yang Maha Esa, tidak ada sekutu bagi-Nya, dan aku mengaku bahwa Nabi Muhammad itu adalah hamba dan Utusan Allah. Ya Allah, jadikanlah aku dari golongan orang-orang yang bertaubat dan jadikanlah aku dari golongan orang-orang yang bersuci (sholeh)

Setelah itu, jika tidak terburu-buru karena semisal waktu shalat akan habis, atau shalat jama’ah akan segera dimulai, maka sebaiknya dilanjutkan dengan membaca surat al-Qadr 1, 2 atau 3 X, dan dilanjutkan dengan doa:

اللهُمَّ اغْفِرْ لِيْ ذَنْبِيْ وَوَسِّعْ فِيْ دَارِيْ وَبَارِكْ لِيْ فِيْ رِزْقِيْ وَلَا تَفْتِنِّيْ بِمَا زَوَيْتَ عَنِّيْ

ALLAHUMMA IGHFIR LI DZANBÎ WA WASSI’ FÎ DÂRI, WA BÂRIK FÎ RIZQIÎ, WA LÂ TAFTINÎ BI MÂ ZAWAITA ‘ANNÎ.

Artinya :

Ya Allah, ampuni dosaku, lapangkan tempat tinggalku, berkahi aku dalam rizqi, dan jangan Engkau fitnah aku dengan halangan dari-Mu.

Baca Juga: Kumpulan Berbagai Macam Doa / Niat

Untuk diperhatikan lebih lanjut, setelah selesai berwudhu, membaca doa setelah wudhu sekaligus tambahan amalan bacaan lainnya. Alangkah lebih baiknya jika kita tidak mengusap air yang menempel pada anggota wudhu kita menggunakan handuk atau sapu tangan. Hal ini disebabkan untuk tidak mengurangi keberkahan dari wudhu tersebut.

Baca Juga: Tata Cara Wudhu yang Benar

Referensi :

  1. Amalan-dan-doa-sebelum-wudhu – nu.or.id
  2. Rangkaian Doa Sehabis Wudhu – nu.or.id
  3. Doa Setelah Wudhu – nu.or.id

Ilustrasi: nu.or.id