Hari Santri: NU Situbondo Gelar Bahtsul Masail U-17

0
1806
bahtsul masail u-17

Setelah sukses menggelar Bahtsul Masail usia 17 tahun (Bahtsul Masail U-17) tahun lalu pada 17 April 2016, kini PC LBM NU Probolinggo Situbondo Jawa Timur, menggelar acara serupa menyemarakkan Hari Santri.

“Hampir semua Kiai Se Kabupaten Situbondo menyambut baik kegiatan ini. Bahkan mereka meminta kegiatan ini dilakukan tiap dua bulan sekali, Namun kami sementara kami upayakan setahun dua kali”, terang Ust H. Ahmad Havid, S.H.I. Sekretaris PC LBM NU Situbondo.

Ust Havid melanjutkan, “Selain untuk menghidupkan tradisi ulama yang sangat peka menyikapi tiap persoalan di tengah masyarakat, BM U-17 juga bertujuan menumbuhkembangkan cinta kitab kuning sebagai warisan ulama kepada para santri sejak usia dini, sehingga mereka dapat membendung berbagai pemikiran yang cenderung ke kiri-kirian yang berkembang saat ini.”

Baca: Kumpulan Hasil dan Artikel Bahtsul Masail

Untuk diketahui, Bahtsul Masail yang akan digelar pada Ahad 29 Oktober 2017 di Aula PCNU Situbondo rencananya akan dihadiri delegasi dari 34 pondok pesantren yang terbagi dalam tiga zona. Zona Timur 12 pondok, Zona Tengah 10 pondok dan Zona Barat 14 pondok. Sedangkan tema yang dibahas meliputi permasalahan ibadah dan muamalah yang riil muncul di tengah masyarakat. (Zaini Bashori/Situbondo)