Semarak Akhirus Sanah 2017 PNH Purworejo

1
2413

aswajamuda.com (04/05/17) Purworejo – Tiga serangkai acara sekaligus dilaksanakan di Pesantren Nurul Hidayah (PNH) yang terletak di Jalan Sudirman Gang Santri Pangenjurutengah Kabupaten Purworejo, Provinsi Jawa Tengah sejak Minggu pagi (30/04/2017) hingga Senin sore (01/05/2017), Khotmil Qutub, Akhirussanah, dan Festival Rebana.

Bukan hanya para santri yang berperan, namun para alumni turut menyukseskan acara.

Semarak lomba mewarnai dalam rangkaian Akhirus Sanah 2017 PNH Purworejo
Semarak lomba mewarnai dalam rangkaian Akhirus Sanah 2017 PNH Purworejo

Pukul 08.00 WIB, kerja bakti dilaksanakan oleh seluruh santri. Kegiatan ini merupakan kegiatan rutinan pengajian Minggu Kliwon yang diikuti oleh umum dari berbagai kalangan. Akan tetapi, kali ini para santri juga mempersiapkan fisik dan mental untuk mempersembahkan tambahan spesial dalam sesi Khotmil Qutub. Semua santri yang telah belajar selama tahun periode wajib menunjukkan hasil belajarnya berupa hafalan serentak.

Sesi penampilan akhirnya berlangsung. Diawali oleh santri Madrasah Diniyah (Madin) 1, dilanjutkan santri Madin 2, Madin 3, hingga diakhiri oleh penampilan Madin 4. Setelah sumringah dengan penampilan maksimalnya, seluruh peserta mendengarkan mau’idhotul khasanah oleh pengasuh pondok, Dr. K.H. Muh. Wasith Achadi, M.Ag. Seusai sambutan dan siraman rohani, diakhiri oleh doa penutup, acara pun berakhir.

Peserta khataman putri dalam rangkaian Akhirus Sanah 2017 PNH Purworejo
Peserta khataman putri dalam rangkaian Akhirus Sanah 2017 PNH Purworejo

Malam harinya, acara yang ditunggu-tunggu telah tiba. Para santri berkumpul di lapangan tengah pondok. Di tempat acara yang terbentang megah. Masing-masing kelompok menampilkan bakat dan kemampuannya dalam seni islami. Hingga pukul 03.00 WIB, seluruh penampilan selesai. Seluruh santri saling bersalaman. Momen ini merupakan kesempatan berharga, terutama bagi santri yang akan segera meninggalkan pondok untuk melanjutkan pendidikannya. Dengan isak tangis haru, seluruh santri khidmat mengikuti acara hingga selesai.

Festival Rebana Se Kabupaten Purworejo dalam rangkaian Akhirus Sanah 2017 PNH Purworejo
Festival Rebana Se Kabupaten Purworejo dalam rangkaian Akhirus Sanah 2017 PNH Purworejo

Minggu pagi, acara masih dilanjutkan dengan Festival Rebana se-Kabupaten Purworejo. Perlombaan diikuti oleh sedikitnya lima belas peserta hadroh yang meramaikan panggung utama. Selain itu, bagi anak-anak diadakan lomba mewarnai sekaligus kaligrafi bagi remaja. Acara ini terlaksana dengan penyelenggara KASNURHIDA (Keluarga Alumni Santri Nurul Hidayah), dengan dukungan seluruh santri yang ada.

Menurut ketua panitia KASNURHIDA, Chanifur Rohman., acara tersebut bukan hanya untuk mengembangkan bakat para santri, akan tetapi juga sebagai wujud pengabdian KASNURHIDA terhadap almamaternya serta sebagai penguat hubungan antara santri dan alumni. Dampaknya, hubungan yang baik mampu memperkuat ikatan silaturahmi masyarakat pondok. PNH dan KASNURHIDA semarak dan semakin jaya. (Mahiratun Fadlilah/Purworejo)

1 COMMENT

Comments are closed.