Mengapa Harus Ahlussunnah Wal Jamaah ( Aswaja ) ?

0
6204
ahlussunnah wal jamaah

Mengapa Harus Ahlussunnah Wal Jamaah ?
Rujukan Santri dan Akademisi

Oleh: Al-Habib Ahmad Gholib Basyaiban (Aktifis Aswaja Surabaya)

Di tengah kondisi makin massifnya paham radikal dan intoleran di Indonesia, khususnya di kampus-kampus ternama, buku Mengapa Harus Ahlussunnah wal Jama’ah? Rujukan Santri dan Akademisi hadir sebagai pintu gerbang strategis bagi upaya deradikalisasi, terlebih di lingkungan civitas akademika.

Buku yang diangkat dari diskusi intensif Kiai-kiai NU Se Jawa Timur bersama sejumlah pegiat kampus Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim (UIN Maliki) Malang dalam forum Bahtsul Masail Maudhu’iyyah secara lugas mengulas argumentasi-argumentasi ilmiah mengapa umat Islam harus beragama secara proporsional sebagaimana pola diwariskan para ulama Islam lintas generasi. Sebab, pendangkalan pemahaman keagamaan yang beriringan dengan slogan propaganda “Kembali ke Qur’an dan Hadits” yang kerap dikoar-koarkan justru menjebak umat Islam dalam kungkungan intelekual yang jumud dan kaku, serta jeratan pola beragama yang radikal dan intoleran.

Baca Juga: Khazanah Aswaja: Pesantren Lirboyo, Aswaja dan Nasionalisme

Bermula dari kedangkalan itu pula, sering terjadi aksi-aksi radikal dan intoleran baik dalam ranah ibadah, sosial maupun politik secara lebih luas. Tudingan bid’ah, sesat bahkan musyrik seolah sudah menjadi hal lumrah disampaikan secara vulgar.

Begitupun doktrin-doktrin anti Pancasila, menganggapnya sebagai taghut dan memvonis NKRI sebagai negeri kafir yang dikemas dengan ‘jubah’ agama, justru subur di dunia pendidikan yang tentu sangat mengkhawatirkan bagi eksistensi dan keberlangsungan bangsa dan Negara Indonesia pada masa mendatang.

Merujuk kata pengantarnya, diharapkan buku Mengapa Harus Ahlussunnah Wal Jamaah ini dapat menjadi pengantar untuk membuka cakrawala beragama secara integral dan komprehensif bagi mahasiswa khususnya dan para dosen pada umumnya, sehingga tidak akan timbul pemikiran yang parsial dan segmentatif. Bahasanya pun disusun sebagaimana buku ilmiah lainnya yang mudah dibaca dan dinalar secara logis, disertai referensi-referensi ilmiah sekaligus terjemahnya. Meskipun buku ini menampilkan dalil naqli, tetapi dilengkapi pula dengan dalil aqli dan analisis historis-empirik yang jelas serta dengan bahasa yang lugas.

Baca Juga: Memperkokoh Aswaja Merawat Bhinneka

Karenanya, meskipun cukup singkat padat, buku Mengapa Harus Ahlussunnah wal Jama’ah? dapat menjadi rujukan Ahlussunnah wal Jama’ah yang kokoh sekaligus praktis bagi semua kalangan: santri, akademisi, maupun masyarakat secara luas.

Penyusun : Tim PW LBM NU Jawa Timur
Pengantar: KH. M. Hasan Mutawakkil Alallah, S.H., M.M. (Ketua PWNU Jawa Timur) dan Dr. H. Agus Maimun, M.Pd. (Wk. Rektor Bidang Kemahasiswaan, Alumni dan Kerjasama UIN Maliki Malang)
Editor: Ahmad Muntaha AM
Halaman: xii + 42 hlmISBN : 978-602-1207-77-2
Harga: Rp 15.000,-
Penerbit: PW LBM NU Jawa Timur dan UIN Maliki Malang
Pemesanan: toko.aswajamuda.com via WA: 085 645 377 399